Rahasia Pendidikan Finlandia yang Menjadi Terbaik di Dunia (2)

By Sainuddin 05 Agu 2019, 21:45:48 WIB Internasional
Rahasia Pendidikan Finlandia yang Menjadi Terbaik di Dunia (2)

Sistem pendidikan Finlandia dianggap sebagai salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia.  Pendidikan di negeri ini secara rutin mengungguli Amerika Serikat dalam literasi membaca, sains, dan matematika. 

Finlandia selalu menempati skor terbaik dalam survei penilaian siswa internasional (PISA) yang dilakukan tiga tahun sekali sejak 2000.

Finlandia di peringkat ke-13 untuk skor matematika PISA, peringkat ke-4 literasi baca, dan peringkat ke-5 untuk sains. Padahal, sekolah di Finlandia memiliki hari sekolah yang lebih singkat jika dibandingkan dengan sekolah di negara lain dan mereka tidak melakukan ulangan atau ujian standar.

Dilansir dari laporan Big Think yang dipublikasikan World Economic Forum (WEF), sistem pendidikan Finlandia dapat berfungsi dengan baik karena strukturnya ditopang oleh beberapa prinsip utama: Pertama dan terpenting akses yang sama terhadap pendidikan dan siswa diberi kebebasan memilih jalur edukatif mereka berdasarkan minat dan bakat.

Pendidikan menengah atas

Setelah pendidikan dasar, siswa dapat memilih melanjutkan ke pendidikan menengah atas. Meskipun tidak wajib, 90 persen siswa memulai studi menengah atas segera setelah sekolah dasar. Sebanyak 10 persen lainnya dapat memilih untuk kembali ke pendidikan mereka nanti tanpa biaya.

Baca juga: Rahasia Pendidikan Finlandia yang Menjadi Terbaik di Dunia (1)

Pendidikan menengah atas Finlandia dibagi menjadi dua jalur utama, umum dan kejuruan.  Keduanya memakan waktu sekitar tiga tahun. Pendidikan umum siswa memiliki banyak kebebasan untuk memutuskan jadwal belajar mereka. 

Pada akhir pendidikan umum, siswa mengikuti ujian matrikulasi nasional, satu-satunya ujian standar di Finlandia. Skor mereka digunakan sebagai bagian dari aplikasi kuliah.

Pendidikan kejuruan lebih fokus pada pekerjaan dan menggabungkan magang serta pembelajaran di sekolah. Sekitar 40 persen siswa memulai pendidikan kejuruan setelah sekolah dasar. Jalur ini berakhir dengan kualifikasi berbasis kompetensi setelah siswa menyelesaikan rencana studi individu.

Perlu dicatat bahwa siswa tidak "terkunci" di salah satu jalur ini. Keduanya memiliki fleksibilitas sehingga siswa dapat menemukan minat baru atau membuat jalur yang menghubungkan keduanya.

Pendidikan tinggi

Pendidikan tinggi Finlandia, seperti halnya sekolah dasar dan menengah atas, diberikan secara gratis. Siswa hanya diharuskan membayar buku, transportasi, dan perlengkapan sekolah lainnya.

Akademi Finlandia dibagi menjadi dua jenis: universitas dan universitas ilmu terapan ( politeknik). Universitas fokus pada penelitian ilmiah, sementara universitas ilmu terapan menekankan aplikasi praktis. 

Siswa biasanya menerima gelar sarjana dalam empat tahun studi penuh waktu, yang terdiri dari studi, pilihan, dan proyek. Jika siswa sebelumnya memilih jalur kejuruan, mereka tetap dapat melanjutkan pendidikan mereka di universitas. Jalur pendidikan Finlandia sangat mudah beradaptasi.

Bagaimana Finlandia mampu memberikan pendidikan universal dan komprehensif seperti itu untuk semua warga negara? Sederhana: Selain menjunjung hak atas pendidikan dalam konstitusi mereka, rakyat Finlandia menghargai pendidikan dan menghabiskan banyak waktu untuk membangun sistem pendidikan yang menurut penelitian menjadi pendidikan terbaik di dunia

Sumber: Kompas.com 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment